Tuesday, July 20, 2010

PIALA DUNIA 2010 Bola Final Piala Dunia Terjual Rp 7,5 Miliar

Sumber: rakyatmerdeka.co.id

Jakarta, RMOL. Sebuah grup pendukung La Furia Roja Spanyol memena­ngi lelang bola final Piala Du­nia 2010, Jobulani yang digelar di situs eBay. Bola tersebut ter­jual dengan harga 48.200 po­und­s­terling atau sekitar Rp 7,5 miliar rupiah.

Rencananya, uang hasil pen­jualan bola Jobulani, yang me­ru­pakan plesetan dari Jabulani ter­sebut tersebut akan disum­bang­­kan kepada Yayasan 46664 milik Nelson Mandela untuk di­guna­kan dalam program pendi­dikan dan kemanusiaan di Afrika.

Lelang bola buatan Adidas yang mengundang banyak kon­troversi selama gelaran Piala Du­nia Afrika Selatan berlang­sung tersebut rupanya menda­pat respon positif dari pengun­jung situs eBay.

Tercatat bahwa ada 133 pe­na­war dari 55 negara yang ikut lelang tersebut. Ruth Szy­s­zko­wski dari eBay mengatakan bo­la Jobulani laku dengan nilai ting­gi karena kontroversi atas bo­la tersebut dan juga lembaga sosial yang akan mendapat ha­sil penjualannya.

“Barang unik yang memiliki nilai kenangan dalam olahraga selalu menjadi barang populer di eBay,” ujar Szyszkowski.

Jabulani -nama resmi bola yang digunakan saat Piala Du­nia 2010- memang menim­bul­kan banyak pro dan kontra dari berbagai pihak. Kiper Italia Gi­anluigi Buffon menyatakan bola tersebut tidak memenuhi syarat dan tak seharusnya digunakan untuk kompetisi tingkat terting­gi seperti Piala Dunia.


Badan antariksa NASA pun ikut-ikutan memprotes Jabula­ni. Menurut mereka, Jabulani sulit diprediksi ketika bergerak dengan kecepatan 44 mil per jam. penyebabnya adalah bo­bot bola yang terlalu ringan, yak­ni hanya 440 gram. Bola dengan seberat itu, maka akan meluncur kurang konsisten akibat knuckle effect atau efek buku.

Namun Adidas menegaskan bola yang diberi teknologi ceng­­kram itu memungkinkan ten­da­ngan yang stabil dengan ceng­kraman yang bagus dalam kon­disi apapun.

Bola Jobulani digunakan di final Piala Dunia 2010 antara Spanyol kontra Belanda. Spa­nyol akhirnya sukses menak­lukkan Belanda lewat gol tung­gal Andres Iniesta dan mengan­tarkan Torres Cs untuk pertama kalinya meraih Piala Dunia.
[RM]

0 comments:

  © Blogger template 'iNY' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP