Sunday, May 23, 2010

Manusia dan Keadilan

- Pengertian Keadilan:
Keadilan menurut berbagai beberapa ahli antara lain:
a. Menurut Aritoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia.
b. Menurut Plato keadilan diproyeksikan pada diri manusia sehingga yang dikatakan adil adalah orang yang mengendlikan diri, dan perasaanya dikendalikan oleh akal.
c. Menurut Kong Hu Cu keadilan terjadi apabila anak sebagai anak, bila ayah sebagai ayah bila raja sebagai raja, masing-masing telah melaksanakan kewajibannya.

-Pengertian Kejujuran :
Kejujuran atau jujur artinya apa yang dikatakannya sesuai dengan hati nuraninya apa yang yang dikatakannya sesuai dengan kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada di kehidupan kita itu adalah kenyataan yang benar-benar ada.


- Pemulihan Nama Baik:
Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik adalah nama yang tidak tercela. Jadinya nama baik sangat menunjang kita dalam kehidupan sehari-hari seperti contoh dalam kita bekerja kita pasti mempunyai nama baik dalam pikiran atasan kita.
Nama baik kita dapat tercoreng kapan saja yang terutama karena kesalahan kita sendiri maka dari itu kita dapat memulihkan nama baik kita dengan cara kita bisa berintrospeksi dan merubah yang ada dlam diri kita yang terdahulu.

- Pembalasan :
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain, reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang.
Pembalasan sebetulnya dalam agama tidak diajarkan hal seperti itu karena pembalasan itu berasal dari dendam sedangkan dendam merupakan perbuatan yang dilarang oleh agama karena merupakan perbuatan yang tercela.

0 comments:

  © Blogger template 'iNY' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP