Sunday, May 23, 2010

Manusia dan Keindahan

* Pengertian Keindahan
Keindahan atau "beauty" adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok.Keindahan juga dapat memberikan kita rasa keingintahuan tentang hal tersebut semakin terus bertambah.contohnya jika kita bermusik,kita akan semakin mencari 'feel' apa yang cocok untuk hati kita.
Jadi pengertian keindahan seluas-luasnya meliputi:
-keindahan seni
-keindahan alam
-keindahan moral
-keindahan intelektual

* Pengertian perkembangan kesenian
Perkembangan kesenian itu merupakan suatu perubahan yang baik yang dapat berdampak bagi bidang kesenian itu sendiri.

* Pengertian Aliran-aliran Kesenian
Aliran-aliran kesenian itu banyak sekali yang terdapat di sekitar lingkungan kita antara lain:
• ART AND CRAFT MOVEMENT
• ART DECO
• ART NOUVEAU
• BAUHAUS
• CONSTRUCTIVISM
• DE STIJL
• FUTURISM
• POP ART


Kali ini saya akan membahas tenteng satu aliran diatas yaitu ART DECO, pembahasannya:
Lahir di masa-masa permulaan Perang Dunia pertama (1914) dan masuk ke masa depresi dunia di tahun 30-an, Art Deco membuktikan bahwa semangat hidup justru harus tetap berkobar di masa sulit terutama di bidang seni. Berawal dari pameran yang berjudul Paris exposition des Art Decoratifs es industries pada tahun 1925 di Perancis, didapatlah nama Art Deco. Dalam kamus karya Guy Julier Art Deco tidaklah dianggap sebagai sebuah gerakan namun hanyalah gaya atau kecendrungan dalam desain. Art Deco pada awalnya muncul dan berkembang di Perancis di antara dua perang dunia pada tahun 1920-an, mengantisipasi perkembangan teknologi. Kehebatan mesin dan dunia transportasi seperti pesawat terbang dan kapal laut menjadi inspirasi dan pendukung berkembangnya gaya ini. Gaya ini dipengaruhi oleh aliran Kubisme dan Fauvisme, serta juga gaya mesin dan Indian Aztec, Amerika Selatan. Selain itu pula gaya pedesain modernisme awal seperti Josef Hoffmann, Frank Llyod Wright, Adolf Loos juga banyak diserap ke dalam Art Deco. Di Amerika gaya Art Deco juga menghasilkan pendekatan baru dalam desain untuk kendaraan tranportasi yaitu, munculnya ornament – ornament dekoratif yang memanfaatkan unsur – unsur garis hias yang mengesankan gerak dan kecepatan. Jaman Art Deco sangat terkenal dengan mobil, kapal laut dan pesawat terbang yang dianggap sebagai simbol modernitas.
Gaya art Deco adalah penyambutan atas tibanya masa dimana dunia seolah bergerak lebih cepat,lebih banyak dan lebih jauh disebabkan oleh perkembangan teknologi transportasi. Hal tersebut tercermin dari pengadopsian bentuk-bentuk ramping dan streamline. Art Deco juga bisa dikatakan bersumber dari kesadaran akan kebutuhan untuk menyederhanakan bentuk bentuk rumit Art Nouveau.

* Renungan, Keserasian, & Kehalusan
Renungan merupakan suatu kegiatan yang berguna untuk kita intospeksi diri terhadap apa yang sudah kita lakukan terdahulu mau itu perbuatan baik maupun buruk.
Keserasian berasal dari kata serasi ataupun rasi mempunyai arti cocok, kena benar, dan sesuai benar. Contoh keserasian pada kehidupan sehari-hari seperti kita memakai baju dari atas sampai bawah dengan warna yang cocok.
Kehalusan itu bisa didasarkan pada berbagai macam situasi seperti kehalusan hati seseorang maupun kehalusan dari fisik (kulit) seseorang.

0 comments:

  © Blogger template 'iNY' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP